Kebersamaan itu indah...

Kebersamaan itu indah...
Bajul mati, 23 April 2013

GLUT-Ku Error di 2010





Membuat sebuah grafis, tak terbayangkan sebelumnya bahwa sebuah gambar dapat dibuat dari kode-kode program yang dituliskan di dalam sebuah aplikasi. Awalnya grafika komputer yang terbayang adalah sebuah gambar yang dikreasikan menggunakan goresan pena dan kreasi warna, ternyata dengan bahasa C/C++ mampu membuat sebuah objek grafis yang luar biasa. Untuk mampu menampilkan sebuah grafis yang dibentuk dari kode-kode program ini aplikasi yang dapat kita gunakan adalah visual studio. Namun untuk dapat menampilkan sebuah objek / gambar dari kode program tersebut visual studio tidak dapat berdiri sendiri, kita harus menyatukannya dengan GLUT.
GLUT merupakan pengembangan dari open-GL yang dirancang untuk menampilkan sebuah grafis yang menggunakan pemrograman prosedural. GLUT menyediakan fungsi untuk mendefinisikan jendela, kontrol jendela, dan input dari keyboard atau mouse. GLUT juga menyediakan fungsi otomatis untuk menggambar berbagai komponen objek yang kompleks. Untuk dapat bekerja dengan GLUT tersebut komponen seperti glut.h, glut32.lib,glut32.dll harus ditambahkan pada project baru kita di dalam sebuah tempat yang ditentukan. Untuk memanggil GLUT tersebut agar menyatu dengan program yang kita buat header glut.h harus ditambahkan pada kode program yang kita buat. Jika tidak terjadi eror/kesalahan pada saat melakukan instalasi glut, maka objek atau grafis yang telah kita buat dengan program dapat ditampilkan disebuah layar / window glut.
Namun tidak semua instalasi dan konfigurasi glut tersebut dapat berhasil. Saya pernah mencoba untuk memasukan ketiga komponen glut tersebut ke dalam project baru saya menggunakan aplikasi visual studio 2010 sesuai dengan prosedur, tetapi entah mengapa ketika saya mencoba membuat program didalamnya dan mengkompile program tersebut terjadi sebuah eror yang disebabkan bukan dari kesalahan penulisan program. Untuk menangani kegagalan ketika kita menambahkan komponen glut ke dalam visual studio 2010 dapat dilakukan dengan cara :

  • Memasukan glut.h ke dalam folder C:\Program Files\Microsoft SDKs\Windows\v7.0A\Include\gl\
  • Memasukan glut32.lib ke dalam folder C:\Program Files\Microsoft SDKs\Windows\v7.0A\Lib\
  • Memasukan glut32.dll ke dalam C:\Windows\System32\


Atau dengan cara lain yaitu :
  •  Buatlah folder yang didalamnya terdapat folder include untuk meletakan glut.h dan lib untuk meletakan glut32.lib
  • Go to my computer >> properties >> advanced system setting  >> environment var >> Path >> edit
  • Masukan direktory penyimpanan folder lib ke dalam path. Contoh : " C:\Program Files (x86)\Microsoft SDKs\lib"
  • Restart komputer anda.
  • Pada visual studio 2010 buatlah project baru dan masukan direktory path tersebut ke dalam properti project.


Source : http://scratchesandjunk.blogspot.com/2012/06/glut-with-visual-studio-2010.html

0 komentar:

Posting Komentar